Mas broo.. mba' siss lanjut yuk melihat pergeseran design motor di Indonesia..!! naagh sekarang civillianblogs akan mengulas motor matic nich.., sebenarnya motor matic awalnya di populerkan oleh merk Kymco hanya saja tidak sebooming yamaha mio entah karena design yang kurang disukai, brand atau apalah... Segmen matic mulai menggeliat ketika Yamaha memperkenalkan Yamaha mio ke publik dan menjadi panas ketika Honda ikut membuat motor matic beat series. Menarik sekali melihat battle Yamaha vs Honda di segmen matic low end ini karena di level ini strategi diferensiasi design ala Yamaha telah di up grade Honda menjadi diferensiasi plus plus...
Lha apa itu maksudnya plus plus ? Yup selain design yang berbeda Honda menambahkan banyak fitur baru yang tidak ada di matic Yamaha saat itu seperti Secure Key shuter, Parking brake lock dll, nah kombinasi diferensiasi design plus penambahan fitur-fitur inilah yang menyebabkan value matic Honda lebih tinggi di banding matic Yamaha. Dan hasilnya dapat di tebak.. Yamaha kalah dan Perang ideology design di level ini di menangkan Honda dengan mutlak...!!! Mau bukti lihat aja Sekarang Yamaha mio berubah menyerupai Honda beat mirip banget khan ha ha ha...
Well.. Yamaha memang kalah di segmen matic karena telat dalam merespon strategi plus plusnya Honda. dan belajar dari kesalahan di atas cvb melihat Yamaha merespon balik dengan cara mengadopsi strategi Honda tersebut. Yamaha tidak mengadopsi 100% setrategi diferensiasi plus plusnya Honda tetapi sambil menambahkan unsur baru di konsep designnya..!! Yup benar... selain fitur baru Variable Valve Actuation (VVA), Anti Lock Brake System (ABS) dan cakram belakang Yamaha memasukkan taste eropa ke segmen matic medium mereka Nmax series...
Naagh.. layak kita tunggu apakah Yamaha berani menurunkan fitur baru dan style eropa ke matic low end mereka..!!! dan kita lihat apakah design Nmax dengan taste eropanya dapat menginfluence design tradisional yang sudah ada. Karena bagi civillianblogs design mayoritas motor matic saat ini seperti beat, vario, mio dan gt series adalah konsep design tradisional Indonesia yang sangat membumi...
Last battle of design akan terus terjadi dan menurut cvb pemenangnya adalah sebuah design yang mampu mempengaruhi design yang lain agar menyerupai design tersebut.
Thanks for reading & see you in next article...
0 Response to "Evolusi design motor Indonesia part 2..."
Post a Comment
bebas berkomentar sepanjang sopan dan beretika..