Evolusi design motor Indonesia part 1...

 
Mas broo.. mba' siss yuk kita sedikit flashback melihat evolusi bentuk sepeda motor periode 90an sampai sekarang. Dahulu motor itu identik dengan merk Honda terutama species Grand untuk bebek dan GL Pro untuk sportnya. Kedua varian ini mempunyai design yang tahan lama... sampai puluhan tahun broo..!

Nah perubahan design mulai muncul ketika ada persaingan dua pabrikan Honda dan Yamaha. Yamaha sebagai kuda hitam mencoba strategi diferensiasi... Ada dua hal utama diferensiasi yang dilakukan Yamaha yaitu di sektor mesin dan design.

Yamaha berusaha memberi aura racing ke fell berkendara dan design motor mereka. Terlihat ketika bebek Honda masih berbentuk kotak Yamaha memilih design yang meruncing.., ketika sport Honda masih membulat Yamaha mendobrak dengan design ala vixion yang tajam dan sporty..! Ergonomi pun berbeda Honda yang terkenal dengan posisi rileks saat berkendara di lawan dengan posisi ala racing yang sedikit menunduk. Yup... saat itu Honda memang menjadikan fungsi dan kenyamanan berkendara sebagai prioritas utama.
Dan hebatnya perlahan kompetitor juga terbawa arus Yamaha di tandai dengan perubahan style design dan posisi riding yang lebih sporty di produk - produk terbaru mereka.

Lihat saja motor motor keluaran terbaru seperti R25, R15, Xabre 150 dari Yamaha atau CBR dari Honda dan klan Ninja milik Kawasaki mereka memiliki garis design meruncing dengan posisi riding layaknya pembalap motoGP super sporty broo.. tidak ada lagi design membulat! Kalaupun masih ada biasanya bergenre classic dan menyasar segmen hobiis yang sangat kecil jumlahnya.
 
Dari sisi ini civillianblogs bilang good job buat Yamaha...
next article akan civillianblogs bahas fenomena Nmax dan potensi MT15 berkaitan dengan strategi design..


So apakah mas broo termasuk penyuka design sporty di motor?


Subscribe to receive free email updates:

Related Posts :

0 Response to "Evolusi design motor Indonesia part 1..."

Post a Comment

bebas berkomentar sepanjang sopan dan beretika..