Review motor Jupiter Z1 setelah 3.5 tahun pemakaian..

Mas broo.. mba' siss tidak terasa sudah tiga tahun lebih civillianblogs menggunakan motor jupiter z1 sebagai alat transportasi sehari-hari.. banyak momen baik suka atau duka yang akan cvb ceritakan kepada sobat semua..! Ok sebenarnya jupiter z1 bukanlah pilihan utama motor yang ingin di beli ketika itu. Motor idaman cvb waktu itu adalah jupiter mx 135 tetapi karena beberapa pertimbangan politis ahirnya pilihan jatuh ke jupiter z1.
 

Setelah tiga tahun jarak tempuh motor telah mencapai 35000 km dan selama itu belum pernah servis injeksi dan selalu memakai oli bawaan pabrik yang tipe gold dengan bbm campur-campur kadang premium kadang pertamax ron 92. Dan berikut impressi yang cvb rasakan terhadap motor ini.. yup di banding pendahulunya jupiter z1 memiliki karakter yang berbeda..

Karakter stop n go nyaris tidak cvb temui lagi power keluar dengan lembut dan bukaan gas harus di urut perlahan baru power keluar ! Dan yang paling menyebalkan adalah ada jeda waktu sedikit saat buka gas dengan timing motor bergerak sehingga perasaan menyatu dengan motor agak berkurang.

Menurut cvb hal ini di sebabkan oleh perubahan bore stroke dan pemakaian sistem injeksi. Jadi kalau mas bro senang main betot gas supaya motor cepat berakselerasi pasti akan jengkel sama motor ini karena reaksi spontan tidak akan keluar ! Untuk tarik tarikan masih enakan sistem karburator bro ha ha ha..

Yup selain itu jupiter z1 mungkin lebih berkarakter overbore karena mempunyai nafas yang panjang di rpm tinggi dan yang cvb rasakan power motor mulai keluar dengan optimal di kecepatan 60 km/jam ke atas karena selepas itu motor lebih responsif dalam berakselerasi.! Sedikit tips buat rider jupiter z1 bila ingin power keluar maksimal maka harus pintar menjaga putaran mesin di rpm tinggi atau sering gantung gas supaya momentum gaya tidak hilang !

Dan setelah 3 tahun pemakaian motor terasa agak kurang responsive apalagi buat boncengan terasa akselerasi jadi berat.. mungkin sudah saatnya service injeksi untuk di bersihkan dalemannya. Selain akselerasi.. no complain motor masih nyaman dan enak di pakai bro..


Nah lalu bagaimana dengan konsumsi bbm.. dan sudah ganti sparepart apa saja  setelah tiga tahun pemakaian ? Hmm ini yang cvb demen dari motor jupiter z1 ini coz saat ini konsumsi bbm masih tembus 50 km/L untuk seliter pertamax ron 92 artinya iritnya hampir sama saat masih baru..
Sedangkan penggantian sparepart adalah shockbreaker ganti ke merek D*S dan yang paling sering adalah kampas rem dan lampu bohlam ! Khusus lampu bohlam cenderung sering ganti dengan interval 4 - 6 bulan pasti ada saja yang putus entah lampu belakang ataupun depan.. mungkin karena sudah AHO jadi lampu nyala terus sehingga bohlam cepat putus. Selain itu masih orisinil bawaan pabrik bro..!

Sempat mengalami milky oil akibat menerjang banjir.. dan jatuh akibat menghantam lubang yang tertutup genangan air.. sampai saat ini mesin masih normal tanpa ada keluhan ataupun indikasi kerusakan. Dan akibat jatuh hanya batok headlamp saja yang di ganti karena lecet..

Ok itulah sedikit impressi yang civillianblogs rasakan terhadap motor jupiter z1 yang menjadi kendaraan operasional sehari-hari..

O iya.., blog ini telah pindah ke http://gearbalap.blogspot.com/ so silahkan baca artikel berikutnya di sana..

semoga bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Review motor Jupiter Z1 setelah 3.5 tahun pemakaian.."

  1. Jupiter Z1 bukan overbore tapi overstroke. Nafas panjang di rpm tinggi karena setting ECU yang emang diset galak di putaran atas, buat ngimbangi karakter overstroke itu sendiri yang lemah di putaran atas. Alhasil putaran bawah serasa ketahan nah diputaran atas baru keluar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh gitu yahh.. Tapi emang tetep ada yang di korbankan yahh..!!

      Delete
  2. Saya pemkai jupiter z1 th 2017...tenaga memang kurang greget...tp kecepatan lari z1 ni knceng bnget..y kan cm 115*cc..dah ckup puas lah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul z1 memang ok di putaran atas..

      Delete
    2. aku sudah pake udah 5 tahun kira kira apa aja yg harus di ganti yaa soalnya semenjak pake yg di ganti baru busi sama kampas rem ...trimakasih minta sarannya

      Delete
  3. pake udah 5 tahun mas, kendalanya bunyi tek tek tek di putaran atas, apalagi buat nanjak

    Permasalahan Seputar Jupiter Z1

    ReplyDelete

bebas berkomentar sepanjang sopan dan beretika..