Menguak strategi Amati Tiru modifikasi milik Honda...!


Mas broo.. mba' siss dalam dunia bisnis strategi memiliki peran yang sangat vital dan dengan strategi yang tepat akan membuat sebuah produk mudah untuk di jual dan di sukai oleh konsumen. Peran strategi menjadi semakin penting apabila ada rival atau kompetitor kuat yang berpotensi menjadi ancaman bagi kelangsungan bisnis tersebut.

Strategi sendiri banyak macamnya namun civillianblogs bagi kedalam tiga garis besar yaitu diferensiasi, adding value dan anti diferensiasi. Anti diferensiasi di Indonesia mungkin lebih familiar dengan istilah " amati tiru dan modifikasi " (ATM). Tiap strategi mempunyai kelebihan dan kelemahan sendiri sendiri misalnya:

1. Diferensiasi
kelemahannya adalah resiko kegagalan di terima pasar yang tinggi, karena mengenalkan sesuatu yang baru dan belum di kenal publik peluangnya adalah 50:50 antara di terima dan tidak. Namun ketika berhasil maka ia akan mejadi pionir dan menjadi pemain tunggal tanpa ada pengganggu.

2. Adding value
biasanya mempunyai cost produksi yang lebih tinggi namun peluang untuk di sukai konsumen sangat tinggi karena nilai lebih yang akan di peroleh oleh konsumen.

3. Anti diferensiasi
bagi cvb lebih seperti membikin sebuah produk semirip mungkin dengan kompetitor sehingga beaya riset pasar kecil dan peluang di sukai konsumen relatif tinggi , namun strategi ini bila sering di lakukan akan berdampak negatif karena akan muncul stigma sebagai follower.

Dari tiga strategi tersebut anti Diferensiasi merupakan strategi yang paling menimbulkan kontroversi karena stigma negatif berupa plagiat dan follower akan disematkan ke pelakunya. Apalagi ketika strategi tersebut sering di lakukan maka dalam jangka panjang akan mengurangi image positif dari sebuah brand.


Sebenarnya civillianblogs membikin artikel ini karena tergelitik dengan design motor Honda All New CBR 150R terutama di bagian buritan yang kental dengan nuansa Yamaha R15. Selain sport sebelumnya strategi memiripkan dengan kompetitor juga di lakukan Honda di segmen lain seperti moped dan disinyalir  big skutik entry level 150cc tahun depan.
Namun civillianblogs tidak akan membahas siapa pionir siapa follower! Mas broo pasti pintar untuk menilai sendiri.. Yang menarik bagi civillianblogs adalah alasan di balik pemilihan strategi anti diferensiasi tersebut. Soalnya yang civillianblogs tahu setiap kebijakan pasti ada dasarnya misalnya penentuan bentuk buritan All New CBR 150R tidak akan ujug ujug seperti R15. Sebelumnya pastilah di dahului dengan survey entah ke internal perusahaan, komunitas motor atau masyarakat umum. Nah dari hasil survey itulah keputusan akan seperti apa bentuk buritan baru di tentukan.

Namun misalnya lho yaa.. misalnya memang sengaja di buat mirip tanpa disertai survey terlebih dahulu.. cvb rasa strategi Honda adalah membenturkan dengan keras antara brand dan type mesin sebagai amunisi promosi yaitu Honda vs Yamaha dan DOHCvs SOHC. Dan kelak misalnya mesin sudah sama-sama DOHC maka perang mindset hanya akan berkutat di Brand saja. Jadi secara tidak langsung Honda ingin menunjukkan bahwa ketika semua sama maka brand Honda  lebih superior di banding Yamaha!

So gimana menurutmu bro? Kalau antara All New CBR 150R dan Yamaha R15 sudah mirip mau pilih yang mana..? Nah jawaban mas bro mencerminkan siapa yang terkuat antara brand Honda dan Yamaha di segmen sport berfairing 150cc..

Any Question..?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menguak strategi Amati Tiru modifikasi milik Honda...!"

Post a Comment

bebas berkomentar sepanjang sopan dan beretika..