Monetizing blog, siapa di untungkan dan siapa di rugikan..?

Mas broo.. mba' siss jika anda membaca artikel ini maka anda sedang membaca lanjutan dari artikel sebelumya yaitu "Peran Blog dalam Marketing pabrikan Roda Dua." Dalam artikel tersebut pada dasarnya blog lebih berperan sebagai corong atau amplifier informasi dari pabrikan, terutama berkaitan dengan hal hal unofficial seperti spyshot, dan bocoran info yang bertujuan untuk membangun awareness masyarakat akan produk dari pabrikan tersebut.


Nah seiring waktu dengan perkembangan teknologi dan perubahan gaya hidup di masyarakat terutama berkaitan dengan smartphone membuat jumlah pengguna internet semakin banyak. Hal ini membuat jumlah pembaca blog otomotif ikut meningkat pesat dan ada sebagian pembaca yang menjadikan isi dari blog tersebut sebagai referensi dalam memilih produk karena menganggap apa yang disampaikan oleh pemilik blog adalah jujur dan independen ! 

Fenomena inilah yang mendorong beberapa pabrikan bekerjasama dengan blogger untuk mereview produk mereka dan menuliskan hasilnya dalam bentuk artikel dengan harapan agar masyarakat tertarik kepada produk mereka setelah membaca artikel tersebut. Di titik inilah simbiosis mutualisme yang ideal terjadi. Semua pihak baik blogger, pabrikan dan masyarakat mendapat keuntungan sesuai porsinya masing-masing.!

Blogger mendapat sumber berita yang bernilai tinggi.., pabrikan secara tidak langsung melakukan promosi produk lewat sumber yang dianggap masyarakat jujur dan independen.., sedangkan masyarakat memperoleh informasi yang lengkap tentang sebuah produk baik dari kelebihan ataupun kekuranganya.
Dan seiring waktu kerjasama antara beberapa blogger dan pabrikan semakin erat dan naik ke level yang lebih tinggi ditandai dengan pemasangan iklan produk pabrikan tertentu yang muncul di beberapa blog. Hmm.. memoneytize sebuah blog memang bukanlah hal yang baru dan sudah lazim di lakukan bahkan ada sebuah program resmi dari google yaitu google adsense yang khusus membayar blogger lewat iklan yang ada di blog mereka.


Namun yang membuat beberapa pihak terganggu adalah tingkat kejujuran, independensi dan obyektifitas dari blogger pemasang iklan di sinyalir turun karena pemasang iklan adalah pihak pemilik produk yang akan di review. Sehingga akan terjadi konflik kepentingan antara sang blogger dan pemilik produk yang sekaligus adalah pemasang iklan. Dan di situasi ini maka konsumen atau masyarakat akan menjadi pihak yang paling di rugikan karena isi artikel tidak akan sejujur dan seobyektif saat sebelum ada iklan dari pabrikan.
Atau bahasa kasarnya" selama anda pasang iklan maka review produk akan focus membahas kelebihan dan menghaluskan kekurangan produk anda " dan pabrikanpun tersenyum ha ha ha..

Next time civillianblogs akan kupas fenomena ini dari sisi blogger dan dari sisi konsumen ketika memilih blog sebagai referensi dalam memilih produk..

so sampai jumpa di artikel selanjutnya guys..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Monetizing blog, siapa di untungkan dan siapa di rugikan..?"

Post a Comment

bebas berkomentar sepanjang sopan dan beretika..