Meraba peta persaingan motoGP 2016 berdasarkan hasil tes pra musim Qatar ...!

Mas bro.. mba' siss pecinta motogp, saat ini test pra musim motogp 2016 di Qatar telah berahir dan selama tiga hari tes berlangsung banyak catatan menarik yang bisa di jadikan gambaran bagaimana peta persaingan di musim 2016 akan berlangsung.. setidaknya untuk race pembuka di qatar nanti ! Kredit poin untuk wak haji Taufik TMC blog untuk data-datanya sehingga artikel ini bisa di buat. Ok langsung saja here we go..


Dari data yang di sajikan terlihat bahwa jorge lorenzo adalah rider yang paling berpeluang untuk merebut pole position di race perdana di qatar nanti. Yup lorenzo paling berpeluang karena dapat memperoleh waktu 1 menit 55 detik dengan ban kompon intermediate bukan soft. Setelah itu posisi dua sampai enam akan di perebutkan oleh marques, scot redding, vinales, dovizioso dan rossi. Marques berpeluang ke posisi dua karena nyali dan progres positif honda di hari terahir tes pra musim. Sedangkan vinales civillianblogs harap akan menyodok ke posisi tiga saat start race nanti.

Ok lalu bagaimana dengan jalannya race sendiri ? Well memenangkan race lebih kearah konsistensi.. artinya siapa yang paling konsisten meraih waktu terkecil tiap lap selama balapan maka ialah pemenangnya. Dan dari data terlihat bahwa di awal race  marc marques akan menempel ketat jorge lorenzo setidaknya di 10 lap pertama di ikuti iannone dan rossi. Setelah itu persaingan memperebutkan posisi 2 - 4 akan berlangsung seru antara rossi, iannone, marques dan semoga vinales akan bergabung di grup ini. Sedangkan lorenzo bila tidak terganggu oleh rider lain maka ia akan ngacir setelah start dan pelahan akan meninggalkan rider lainnya tidak begitu jauh namun susah untuk di overtake.


Di sisi lain hanya lorenzo dengan michael pirro sajalah rider yang melakukan simulasi race paling medekati race asli di qatar dengan melakukan sebanyak 21 lap tanpa henti. Di ikuti dengan iannone 17 lap, espargaro 15 lap, rossi 14 lap dan marques 12 lap. Artinya hanya lorenzo lah satu-satunya rider yang sudah mengetahui potensi dan limit tungganganya bila di geber nonstop selama race nanti. Nah mengingat bahwa motor m1 antara lorenzo dan rossi relatif sama menurut civillianblogs m1 rossi juga memiliki potensi konsistensi yang sama dengan m1 lorenzo. Artinya setelah 10 lap awal Valentino rossi lah yang akan mengganggu lorenzo di sisa lap yang ada. Sedangkan honda lewat marques memang bisa lebih cepat dari lorenzo tetapi baru sebatas di 10 lap saja setelahnya belum bisa di prediksi bro.. artinya peluang marques untuk menang masih di ragukan mengingat durability mesin atau ban yang belum teruji saat full race nanti.

Bagaimana dengan ducati dan suzuki..? Ada kemungkinan bahwa iannone dan vinales akan bersaing dengan marques mengganggu rossi di posisi dua nantinya..!
Tetapi semua bisa berubah karena banyak faktor yang akan mempengaruhi hasil ahir balapan seperti cuaca, stamina rider etc. Namun tidak bisa di pungkiri bahwa saat ini jorge lorenzo lah pembalap yang paling siap bertanding untuk race pembuka motogp 2016 di qatar !

Have a nice day & see you in next article..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meraba peta persaingan motoGP 2016 berdasarkan hasil tes pra musim Qatar ...!"

Post a Comment

bebas berkomentar sepanjang sopan dan beretika..