Rio Haryanto resmi berlaga di F1.. Antara Prestasi, Pemborosan dan Nasionalisme..


Mas broo.. mba' siss setelah melewati proses panjang dan berliku ahirnya pembalap muda berbakat Indonesia Rio Haryanto resmi tampil di balap formula satu (F1) selama satu musim penuh membela tim Manor Racing Team. Rio akan berpasangan dengan pembalap Jerman Pascal Wehrlein dimana mereka berdua berstatus sama-sama pendatang baru di balapan F1. Yup sebuah pencapaian membanggakan di tengah kehidupan olahraga Indonesia yang nyaris tanpa prestasi.

Keberhasilan Rio menembus balap F1 tidak lepas dari dukungan pemerintah yang mau menanggung kekurangan dana yang harus di setor ke pihak Manor Racing Team. Dari info yang beredar untuk mengikuti balap F1 Rio di haruskan menyetor uang sebesar 15 juta euro atau 225 miliar rupiah ke Manor Racing Team dan saat ini rio di kabarkan baru melunasi sebesar 5 juta euro lewat sponsor resmi Pertamina dan 10 juta euro sisanya akan di talangi oleh pemerintah lewat kemenpora.
Nah dari sinilah kontroversi itu di mulai..! Kekurangan dana sebesar 10 juta euro atau 150 miliar rupiah adalah jumlah yang sangat banyak. Sehingga muncul pendapat bahwa dana sebesar itu akan lebih baik bila  di pakai untuk hal lain yang bermanfaat bagi banyak orang seperti infrastruktur, dna social, dana pendidikan etc, daripada di habiskan untuk balap F1 yang notabene hanya rio seorang yang merasakannya.
 
Sebuah pendapat yang tidak salah namun juga tidak sepenuhnya benar jika kita mau melihat dari sisi yang lain.! Bro negeri ini butuh banyak sosok seperti rio, Sosok yang dapat menginspirasi dan menumbuhkan jiwa nasionalisme anak muda Indonesia! Uang 150 miliar adalah jumlah uang yang sangat banyak civillianblogs setuju hal itu.. Namun akan terasa pantas bila kita mengukurnya tidak hanya dari nilai materi. Sejarah mencatat rakyat Indonesia dengan sukarela menyerahkan harta, jiwa dan raganya untuk melihat bendera merah putih berkibar di bumi pertiwi. Sebuah perjuangan dan pengorbanan luar biasa yang tidak bisa di ukur dari sudut materi semata! Namun semua pengorbanan tersebut seolah tidak berarti karena jiwa nasionalisme begitu tertanam kuat di hati rakyat Indonesia.  Hanya ada satu tekad yaitu Merdeka atau Mati no compromise..!

Dan kini di tengah perubahan jaman yang pelahan menggerus jiwa nasionalisme sosok rio seperti suplemen vitamin untuk menyegarkan rasa bangga berbangsa dan bernegara yang mulai hilang. Sebenarnya jiwa nasionalisme akan terjaga dengan baik jika kita bangga sebagai bangsa Indonesia dan rasa bangga hanya ada jika negeri ini penuh dengan prestasi warganya. Dan di harapkan dengan melihat rio berlaga di ajang F1 membawa nama Indonesia maka jiwa nasionalisme dapat tumbuh kuat di hati generasi muda Indonesia.

Sebenarnya di luar rio civillianblogs yakin ada banyak anak muda berbakat di bidang lain yang menunggu untuk di support oleh pemerintah dan tugas pemerintahlah untuk mencari dan mensupport anak-anak muda penuh bakat tersebut..
So menurut masbro pantaskah rio mendapat dukungan sebesar itu dari pemerintah..?

Next time civillianblogs akan kupas kasus rio dari perspektif lain sekedar buat renungan bersama..

Have a nice day & see you again guys..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rio Haryanto resmi berlaga di F1.. Antara Prestasi, Pemborosan dan Nasionalisme.."

Post a Comment

bebas berkomentar sepanjang sopan dan beretika..