Peran blog dalam strategi marketing pabrikan roda dua...


Mas bro.. mba' siss sungguh menarik melihat dinamika industri roda dua tanah air yang begitu dinamis. Kompetisi antar pabrikan yang begitu ketat menuntut tiap pabrikan untuk terus berinovasi memberikan yang terbaik supaya bisa survive dan sukur-sukur menjadi nomor satu di negeri ini.

Persaingan atau kompetisi antar pabrikan menjadi sangat menarik untuk di cermati karena dari situlah kita bisa melihat style strategi dari tiap pabrikan dalam usahanya merebut dan mengekspansi market kompetitor. Tiap pabrikan mempunyai segmen andalannya masing-masing sehingga otomatis strategi marketing tiap pabrikan akan berbeda. Namun satu yang pasti adalah semua pabrikan menggunakan dunia maya sebagai salah satu jalan untuk mempromosikan produknya ke masyarakat.

Tidak heran bila sepanjang tahun terjadi sahut menyahut informasi tentang motor terbaru mereka. Baik berupa printilan info, sparepart, atau spy shot motor. Kalau mas bro perhatikan berita tentang Yamaha aerox, Yamaha xabre 150, all new cbr 150r dan yang terbaru suzuki satria injeksi  terus bergantian menghiasi jagad dunia maya.
Namun uniknya adalah ketika ada info atau spy shot dari pabrikan A.. maka pabrikan B pun segera mengeluarkan info dan spy shot tandingan dengan maksud supaya perhatian masyarakat tidak terfokus 100% ke produk pabrikan A. Dan stretegi ini di lakukan oleh hampir semua pabrikan sepanjang tahun. Yup betul sepanjang tahun broo...!

Tidak peduli Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki ataupun pabrikan lain semuanya di tuntut untuk terus bergerak memonitor pergerakan kompetitor. Contoh paling nyata adalah ketika terjadi euforia akibat di releasenya Yamaha XABRE 150 tiba-tiba spy shot All New CBR 150R keluar! Atau kebalikannya saat berita All New CBR 150R tiba-tiba muncul spyshot motor berfairing misterius yang di duga milik Yamaha.
Aksi saling balas spyshot yang bertujuan agar konsentrasi pemberitaan tidak terfokus ke satu produk milik kompetitor, sekaligus membangun awareness konsumen akan produk baru yang mungkin segera di release..!

Hmm.. namun strategi counter information tersebut hanya dapat di lakukan dengan maksimal apabila penyebarannya lewat kanal blog bukan lewat media resmi karena sifatnya yang unofficial atau masih sebatas gosip yang tidak di jamin kebenarannya. Jadi tidak heran disinyalir banyak blogger yang menjalin kerjasama dengan pabrikan karena ada hubungan simbiosis mutualismedisini.! Di satu sisi blogger butuh bahan untuk di jadikan artikel dan di sisi lain pabrikan membutuhkan blog milik blogger untuk menjalankan strategi counter information tersebut.

Ok next time civillianblogs akan coba mengangkat hubungan simbiosis mutualisme antara blogger dan pabrikan roda dua di tanah air dari perspektif seorang blogger amatir.. Ha ha semoga berguna guys..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran blog dalam strategi marketing pabrikan roda dua..."

Post a Comment

bebas berkomentar sepanjang sopan dan beretika..